Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ayah-Ibu, Yuk Siapkan Informasi Penting Soal Kesehatan Anak

Orangtua adalah sosok yang paling dekat dengan anak. Untuk itu penting memahami informasi dasar tentang kesehatan anak.

[Ilustrasi] Ibu dan bayi. (Gambar oleh PublicDomainPictures dari Pixabay)

Sebagai orangtua yang bijak, ibu atau ayah tak boleh sembarangan mengonsumsi informasi. Terlebih informasi tentang kesehatan anak. Informasi yang diakses adalah informasi yang diperoleh dari sumber yang bisa dipertanggungjawabkan. 

Berikut ini adalah sejumlah sumber yang bisa dijadikan rujukan ibu dan ayah tentang  kesehatan anak. Informasi ini dikutip dari buku "A-Z Perawatan Bayi".

Daftar website tentang kesehatan anak

1. www.who.int

www.who.int adalah website resmi World Health Organization atau WHO. Di laman ini ibu dan ayah bisa mengakses sejumlah informasi tentang kesehatan, mulai dari topik kesehatan, laporan kesehatan di seluruh dunia, berita terkini seputar kesehatan dunia, kegawatdaruratan  hingga sumber data kesehatan. 

Pada menu "health topics", ibu dan ayah bisa menemukan topik-topik kesehatan dari A-Z. Ada sejumlah topik tentang kesehatan anak, meliputi child growth (tumbuh kembang anak), child health (kesehatan anak), children's environmental health (kesehatan lingkungan anak) dan masih banyak lainnya.

2. www.idai.or.id

www.idai.or.id adalah website resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia atau IDAI. Selain sebagai website official organisasi profesi, laman ini juga menyajikan berbagai referensi, rekomendasi dan informasi seputar kesehatan anak.

3. www.aap.org

www.aap.org merupakan website American Academy of Pediatrics yang didedikasikan untuk kesehatan semua anak. 

4. www.cdc.gov

Laman ini menyajikan informasi tentang inisiatif kesehatan anak. Juga menyajikan hasil riset tentang kesehatan anak.

5. www.pediatrics.com

Pediatrics.com adalah sumber daya online, dengan informasi, statistik, sumber daya, dan berita tentang pediatri. Pediatrics.com disediakan oleh NetMed, sebuah divisi dari Epicenter Communications, Inc.

6. www.babycenter.com

BabyCenter adalah sumber informasi digital tentang parenting nomor satu di dunia. Platform ini menjangkau lebih dari 100 juta orang setiap bulan. Di Amerika Serikat, 7 dari 10 ibu baru dan ibu hamil menggunakan BabyCenter. Konten BabyCenter tersedia dalam sembilan bahasa berbeda, dan lebih dari 50 juta orang tua mengunjungi 11 situs BabyCenter setiap bulan.

7. www.mayoclinic.com

Mayo Clinic adalah organisasi nirlaba yang berkomitmen pada praktik klinis, pendidikan, dan penelitian, menyediakan perawatan ahli secara pribadi untuk semua orang yang membutuhkan penyembuhan.

8. www.healthychildren.org

www.healthychildren.org merupakan website yang dikelola The American Academy of Pediatrics (AAP). Website ini berisi informasi seputar parenting.

Grup milis orangtua peduli

  1. sehat@yahoogroups.com
  2. www.milissehat.web.id

Buku-buku kesehatan anak

Ibu dan ayah sebaiknya memilih buku yang ditulis oleh penulis dan penerbit terpercaya. Pastikan penulis buku tersebut adalah seorang yang ahli di bidang kesehatan anak. Pastikan juga buku tersebut dilengkapi dengan daftar pustaka yang kredibel.

Sumber kredibel dalam daftar pustaka bisa berasal dari buku teks kedokteran, artikel ilmiah jurnal kesehatan, atau buku panduan resmi dari Kementerian Kesehatan dan Badan Kesehatan Dunia (WHO).  

Demikian rangkuman sumber informasi penting tentang kesehatan anak yang bisa jadi rujukan ayah dan ibu untuk memahami kesehatan anak. Yuk, persiapkan dari sekarang.


Posting Komentar untuk "Ayah-Ibu, Yuk Siapkan Informasi Penting Soal Kesehatan Anak"