Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyusui Bayi yang Baik dan Benar

Menyusui merupakan cara terbaik memberikan asupan gizi alami untuk bayi baru lahir.

[Ilustrasi] Menyusui bayi. (Image by PublicDomainPictures from Pixabay)
[Ilustrasi] Menyusui bayi. (Image by PublicDomainPictures from Pixabay)

Betapa bahagianya seorang ibu ketika buah hatinya lahir ke dunia. Sebagai seorang ibu, tentu tak ingin agar bayinya sehat. Untuk itu ibu perlu memberikan perhatian yang lebih. Terutama terkait asupan gizinya dengan memberikan air susu ibu (ASI) ekslusif bagi si bayi.

Menyusui merupakan cara terbaik memberikan asupan gizi alami untuk bayi baru lahir. Selain memberikan manfaat untuk bayi, menyusui juga baik untuk ibu. Pemberitan ASI selama enam bulan pertama kehidupan akan memberikan manfaat yang luar biasa.

Pertanyaannya, bagaimana cara menyusui yang baik dan benar? Bagi ibu-ibu muda yang notabene baru kali pertama, tentu ini menjadi kendala. Jangan khawatir, berikut ini adalah panduan bagaimana cara menyusui bayi yang baik dan benar menurut buku panduan yang diterbitkan oleh Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia (YKAI) tahun 2019. Sang ibu bisa menyusui bayinya sambil berbaring maupun sambil duduk.

Menyusui Sambil Berbaring


Menyusui sambil berbaring biasa dilakukan ibu saat berada di tempat tidur. Caranya, ibu tidur dengan sikap miring. Selanjutnya, baringkanlah si bayi di sisi ibu dengan menopang kepala bayi menggunakan bantal. Hal itu dilakukan abar muka si bayi bisa menghadap ke arah ibu. Setelah itu, sentuhkan puting susu ibu ke pipi bayi.

Ketika bayi menyetuh puting susu ibu, bayi akan menggerakkan mulutnya untuk memasukkan puting susu ibu ke dalam mulutnya. Ibu bisa membantu bayi memasukkan puting susu hingga bagian yang berwarna kehitam-hitaman di sekitar puting. Hal itu akan membantu agar saat menyusui, ibu tidak merasakan sakit.

Jangan lupa untuk menekan bagian susu ibu yang mengenai hidung bayi agar pernapasannya tidak terganggu.

Menyusui Sambil Duduk


Saat ibu menyusui bayi sambil duduk harus memastikan kursinya memadai. Ibu bisa duduk di atas kursi dengan sandaran yang tegak dengan kaki menginjak lantai. Ibu memangku bayi dengan posisi kepala bayi berada di lekukan sikut ibu. Sedangkan pantat bayi ditopang oleh tangan ibu yang satu lagi.

Sebagaimana saat menyusui bayi sambil berbaring, sentuhkanlah puting susu ibu ke pipi bayi. Bayi akan mengarahkan mulutnya untuk memasukkan puting susu ibu.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menyusui


Ada hal-hal yang harus diperhatikan ibu saat menyusui bayinya. Seorang ibu harus dalam kondisi tenang saat menyusui. Ibu menyusukan kedua belah kepada sang bayi.

Setelah menyusui selesai, hendaknya ibu mendudukkan si bayi di pangkuan. Tahan dada dan lehernya. Lalu elus-elus punggungnya selama 5-10 menit dengan tangan. Ini membantu mengeluarkan udara yang ada di dalam lambung bayi.

Agar sir susu tidak keluar lagi, sebaiknya ibu menidurkan si bayi dalam posisi tengkurap. Hal itu juga bisa membantu agar pernapasan lebih baik, kepala bayi tidak peyang dan bayi bisa lebih tenang.

Sementara itu, untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, ibu hendaknya menjauhkan selimut, bantal atau benda-benda lain dari dekat bayi. Alas kasur juga harus kencang.

Posting Komentar untuk "Cara Menyusui Bayi yang Baik dan Benar"