Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memandikan Bayi

Memandikan bayi harus dilakukan dengan hati-hati. Seorang ibu harus berlatih dan memahami cara memandikan bayi sebelum mempraktikkannya. Latihan diperlukan agar ibu mendapatkan kepercayaan diri dan mampu memandikan si bayi dengan cara yang benar.

[Ilustrasi] Cara memandikan bayi. (Image by trang huyền from Pixabay)
[Ilustrasi] Cara memandikan bayi. (Image by trang huyền from Pixabay)

Sebelum memandikan bayi, hendaknya semua perlengkapan dan peralatan mandi telah disiapkan sebelumnya. Semuanya harus sudah siap sebelum si bayi ditelanjangi. Hal ini penting agar si bayi tidak mengigil kedinginan karena terlalu lama menunggu persiapan.

Menurut Helen Farrer dalam buku "Perawatan Maternitas", memandikan bayi harus dilakukan sebelum makan. Sebab, jika dilakukan sesudah makan, lambung bayi yang penuh justru akan terganggu oleh gerakan-gerakan dan tindakan saat memandikan bayi.

Ruangan yang digunakan untuk memandikan juga harus dipastikan dalam keadaan bersih dan tidak banyak angin.

Adapun air yang akan digunakan untuk mandi bisa disiapkan di bak terlebih dahulu. Cara menyiapkannya, mula-mula diisi dengan air dingin lalu ditambahkan dengan air panas sampai menjadi hangat. Periksalah menggunakan sisi sebelah pergelangan tangan atau siku.

Langkah-langkah Memandikan Bayi


Menurut buku panduan yang diterbitkan Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia (YKAI) tahun 2019, berikut ini langkah-langkah memandikan bayi.

Pertama, lepaslah pakaian yang melekah pada bayi. Baringkan bayi Anda  di atas handuk yang lebar. Lalu mulaihlah dengan membersihkan daun telinga dan cuping hidungnya menggunakan kapas basah yang bersih. Ingat, hanya bagian luar saja yang boleh dibersihkan. Untuk setiap daun telinga atau cuping hidung, gantilah kapasnya dengan yang baru.

Sekali lagi, jangan membersihkan bagian dalam telinga, bagian dalam hidung dan rongga mulut.

Setelah membersihkan telinga dan hidung, ibu bisa melanjutkan membersihkan bagian muka si bayi. Untuk membersihkannya, gunakanlah handuk kecil yang lembut yang telah direndam tanpa sabun. Keringkanlah dengan lembut dan hati-hati.

Setelah itu, lanjutkan dengan mencuci rambutnya. Caranya, pangku si bayi dengan sebelah tangan dengan cara menopang bagian belakang kepala dan tubuh bayi dengan telapak tangan dan lengan ibu. Kemudian cucilah rambutnya dengan busa sabun bayi.

Bagian kepala bayi hendaknya direndahkan sedikit agar air sabun tidak mengenai muka si bayi. Sebab sebelumnya sudah dibersihkan lebih dulu. Bersihkan rambut dengan air bersih, lalu keringkanlah.

Setelah itu, masukkan tubuh bayi ke dalam bak mandi yang sudah diisi air sebelumya. Sabuni seluruh tubuhnya, termasuk lipatan paha, selangkangan, ketiak dan leher. Lalu basuhlah dengan air bersih sampai tidak ada sisa busa sabun yang tersisa.

Setelah itu keringkan tubuhnya dengan handuk yang empuk dan bersih. Lalu bedaki seluruh tubuh si bayi. Dan, selesai. Pakaiakan popok dan pakaiannya.

Demikian cara memandikan bayi. Semoga artikel ini bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Cara Memandikan Bayi "